Web Keluarga Muslim

Inspirasi yang berisi berita untuk keluarga Muslim

Inilah Enam Fakta Mengejutkan Seputar Wedus Gunung, Yang Terbukti Bukan Klasifikasi Kambing!

Inilah Enam Fakta Mengejutkan Seputar Wedus Gunung, Yang Terbukti Bukan Klasifikasi Kambing!


Inilah 6 Fakta Mengagetkan Perihal Kambing Gunung, Yang Ternyata Bukan Golongan Kambing!

Mempelajari dunia hewan memang betul-betul menarik. Binatang yang diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala banyak sekali jenisnya. Sebab saking banyaknya, tak segala orang bisa mengetahui keseluruhan variasi satwa. Ada banyak satwa unik yang belum ktia kenal. Sebagai teladan, ada binatang yang punya kelamin double, ada juga binatang dengan kesanggupan kamuflase untuk melindungi diri sendiri, dan aku kira masih banyak fakta unik di bumi ini yang belum kita ketahuai. 

Melewati tulisan ini kita akan membahas salah satu hewan unik, yaitu kambing gunung. Tetapi meskipun disebut kambing gunung, terbukti variasi hewan ini bukan termasuk golongan kambing. Lho kok semacam itu? Sampean linglung kan? Supaya tidak bingung, yuk simak penjelasan berikut ini. Menurut berita yang diadaptasi dari Nationalgeographic, inilah 6 fakta mengejutkan seputar kambing gunung.

1. Kambing gunung terbukti bukan termasuk golongan kambing

Genus (jamak genera) atau marga yakni salah satu wujud pengelompokan dalam kategori makhluk hidup yang secara hierarki tingkatnya di atas spesies, tetapi lebih rendah ketimbang familia. Walaupun namanya kambing gunung, tapi dari faktor genus, kambing gunung tidak masuk ke dalam genus kambing. Kambing gunung lebih dikaitkan dengan antelop dan rusa.

2. Hanya bisa menonjol dari atas langit

Habitat kambing gunung berada di lingkungan Alpine dan Sub Alpine di ketinggian 13000 kaki. Di ketinggian itu, kambing gunung yakni mamalia terbesar. Ketinggian dapat melindungi mereka dari pemangsa. Karena habitatnya yang berada diketinggian, karenanya diibaratkan kambing gunung hanya dapat diperhatikan dari atas langit.

3. Mempunyai 3 nama berbeda menurut umur dan kelamin

Dilihat dari variasi kelamin dan usia, kambing gunung mempunyai tiga sebutan berbeda, yakni \"Nannies\" sebutan untuk kambing gunung betina, \"Billies\" sebutan untuk kambing gunung jantan, dan \"Kids\" sebutan untuk si kecil kambing gunung.

4. Betina hidup berkelompok dan jantan hidup menyendiri

Nannies atau kambing gunung betina lazimnya hidup berkelompok. Dalam satu golongan umumnya terdiri dari kurang lebih 20 ekor. Billies atau kambing gunung jantan lazimnya hidup menyendiri. Umumnya Billies hidup sendirian atau optimal  dua ekor.

5. Dapat melompat sejauh 12 Feet (3,5 Meter)

Dalam satu kali lompatan, kambing gunung bisa melompat sejauh 3,5 meter lebih. Kambing gunung dapat mengerjakan lompatan yang jauh ini karena dia mempunyai sejenis bantalan kasar di bagaian bawah tiap-tiap jari kakinya.

6. Tanduk pada kambing gunung bisa menunjukan usia

Kita dapat mengenal usia dari seeekor kambing gunung dengan mengamati tanduknya, menghitung jumlah lingkaran pada tanduk (anulus), kemudian ditambahkan satu atau dua di mana umur anulus pertama kali tumbuh.

Itulah sebagian fakta mengejutkan dari kambing gunung, menarik bukan? Semoga tulisan ini dapat menghibur atau setidaknya menambah wawasan kita akan dunia satwa. Oh ya bagi anda yang berharap makan sate yang empuknya tanpa perlawanan, silahkan dating saja ke warung sate KMC (Kambing Masih Cempe). 

Kambing yang disembelih oleh regu kios sate KMC, sudah pasti kambing beneran. Kambing yang benar-benar termasuk kategori kambing. He…he..


Sumber : https://jasaqiqah.com/inilah-6-fakta-mengejutkan-tentang-kambing-gunung-yang-ternyata-bukan-golongan-kambing/